GLOBALISASI
dan PENGARUHNYA dalam PENDIDIKAN
Globalisasi didefinisikan sebagai semua proses yang merujuk kepada penyatuan seluruh warga dunia menjadi sebuah kelompok masyarakat global. Namun, pada kenyataannya globalisasi merupakan penyatuan semu, karena nilai-nilai ekonomi, sosial, dan budaya didominasi nilai-nilai yang sebenarnya asing bagi masyarakat dunia.
Maka dari itu banyak sekali dampak dampak yang akan berpengaruh terhadap sistem yang ada sekarang ini.Globalisasi sering diterjemahkan “mendunia”. Suatu entitas,
betapapun, dimanapun, kapanpun, dengan cepat menyebar ke seluruh pelosok dunia,
baik berupa ide, gagasan, data, informasi, produksi, pembangunan,
pemberontakan, dan sebagainya, begitu disampaikan, saat itu pula diketahui oleh
semua orang di dunia.
Kekuatan globalisasi menurut analisis para ahli pada umumnya
bertumpu pada 4 kekuatan global, yaitu:
- Kemajuan iptek terutama dalam bidang informasi dan inovasi-inovasi baru di dalam teknologi yang mempermudah kehidupan manusia.
- Perdagangan bebas yang ditunjang oleh kemajuan iptek.
- Kerjasama regional dan internasional yang telah menyatukan kehidupan bersama dari bangsa-bangsa tanpa mengenal batas negara.
- Meningkatnya kesadaran terhadap hak-hak asasi manusia serta kewajiban manusia di dalam kehidupan bersama, dan sejalan dengan itu semakin meningkatnya kesadaran bersama dalam alam demokrasi.
Kemajuan iptek yang disertai dengan semakin kencangnya arus globalisasi dunia
membawa dampak tersendiri bagi dunia pendidikan. Sebagai contoh, berbagai
jenjang pendidikan mulai dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi baik
negeri maupun swasta membuka program kelas internasional. Hal ini dilakukan
untuk menjawab kebutuhan pasar akan tenaga kerja berkualitas yang semakin
ketat. Inilah yang dimaksud dengan globalisasi pendidikan.
Dampak
Positif dan Negative Globalisasi Pendidikan
* Dampak positif globalisasi pendidikan:
- Semakin mudahnya akses informasi.
- Globalisasi dalam pendidikan akan menciptakan manusia yang professional dan berstandar Internasional dalam bidang pendidikan.
- Globalisasi akan membawa dunia pendidikan Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain.
- Globalisasi akan menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan mampu bersaing.
- Adanya perubahan struktur dan sistem pendidikan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan karena perkembangan ilmu pengetahuan dalam pendidikan akan sangat pesat.
* Dampak
negative globalisasi pendidikan:
- Dunia pendidikan Indonesia bisa dikuasai oleh para pemilik modal.
- Dunia pendidikan akan sangat tergantung pada teknologi, yang berdampak munculnya “tradisi serba instant”.
- Globalisasi akan melahirkan suatu golongan-golongan didalam dunia pendidikan.
- Semakin terkikisnya kebudayaan akibat masuknya budaya dari luar.
- Globalisasi mengakibatkan melonggarnya kekuatan kontrol pendidikan oleh negara.
Pentingnya Wawasan Perspektif Global Dalam Pengelolaan Pendidikan
Dalam menghadapi globalisasi tanpa
adanya persiapan yang kuat maka globalisasi akan menjadi sesuatu yang
menakutkan dan akan berubah menjadi sesuatu yang negatif. Cara untuk
mempersiapkan diri dalam menghadapi globalisasi ini adalah dengan cara
meningkatkan kesadaran dan memperluas wawasan. Cara untuk meningkatkan dan
memperluas wawasan dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan cara yang paling
efektif adalah melalui pendidikan.
Peningkatan kualitas pendidikan bagi
suatu bangsa, bagaimanapun mesti diprioritaskan. Sebab kualitas pendidikan
sangat penting artinya, karena hanya manusia yang berkualitas saja yang bisa
bertahan hidup di masa depan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk
peningkatan kualitas pendidikan tersebut adalah dengan pengelolaan pendidikan
dengan wawasan global.
Meningkatkan
dan memperluas wawasan global merupakan unsur penting untuk memahami masalah
global. Menurut Makagiansar (Mimbar Pendidikan, 1989) agar dapat meningkatkan
wawasan global, maka pendidikan memegang peranan penting. Melalui pendidikan
maka seseorang harus mampu mengembangkan 4 hal berikut:
- Kemampuan mengantisipasi (anticipate), artinya pendidikan berusaha menyiapkan anak didik untuk dapat mengantisipasi perkembangan IPTEK yang begitu cepat.
- Mengerti dan mengatasi situasi (cope), artinya dapat mengembangkan kemampuan dan sikap peserta didik untuk menangani dan berhadapan dengan situasi baru.Rasa kepedulian terhadap suatu masalah serta keinginan untuk mengatasi masalah merupakan faktor yang harus dikembangkan pada diri anak.
- Mengakomodasi (acomodate), artinya dapat mengakomodasi perkembanagn IPTEK yang pesat dan segala perubahan yang ditimbulkannya. Dalam mengatasi (cope) dan mengakomodasi (acomodate) perlu dikembangkan sikap bahwa anak didik tidak larut oleh perubahan, tetapi ia harus mampu mengikuti dan mengendalikan perubahan agar tumbuh menjadi suatu yang positif dan bermanfaat bagi kehidupan.
- Mereoriantasi (reorient), artinya persepsi dan wawasan tentang dunia perlu diorientasikan kembali karena perkembangan IPTEK dan perubahan sosial yang cepat sehingga memperoleh wawasan yang semakin luas.
Perspektif global merupakan
pandangan yang timbul dari kesadaran bahwa dalam kehidupan ini segala sesuatu
selalu berkaitan dengan isu global. Orang sudah tidak memungkinkan lagi bisa
mengisolasi diri dari pengaruh global. Manusia merupakan bagian dari pergerakan
dunia, oleh karena itu harus memperhatikan kepentingan sesama warga dunia.
Tujuan umum pengetahuan tentang perspektif global adalah selain untuk menambah
wawasan juga untuk menghindarkan diri dari cara berpikir sempit, terkotak oleh
batas-batas subyektif, primordial (lokalitas) seperti perbedaan warna kulit,
ras, nasionalisme yang sempit, dsb.
Dengan demikian pentingnya (urgensi)
wawasan perspektif global dalam pengelolaan pendidikan ialah sebagai langkah
upaya dalam peningkatan mutu pendidikan nasional. Hal ini dikarenakan seperti
yang telah dituliskan sebelumnya, dengan wawasan perspektif global kita dapat
menghindarkan diri dari cara berpikir sempit dan terkotak-kotak oleh batas
subyektif sehingga pemikiran kita lebih berkembang. Kita dapat melihat sistem
pendidikan di negara lain yang telah maju dan berkembang. Dapat
membandingkannya dengan pendidikan di negara kita, mana yang dapat diterapkan
dan mana yang sekerdar untuk diketahui saja. Kita bisa mencontoh sistem
pendidikan yang baik di negara lain selama hal itu tidak bertentangan dengan
jati diri bangsa Indonesia.